Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Bisnis Franchise Yang Paling Populer Di Tahun 2022



Bisnis franchise merupakan kerjasama yang dilakukan oleh Mitra dan perusahaan dengan menggunakan sistem bagi hasil atau berdasarkan kesepakatan yang sudah disepakati bersama. Dalam waktu beberapa tahun terakhir, bisnis semacam ini memang banyak digandrungi oleh masyarakat.

Tak jarang banyak anak muda yang tertarik pada bisnis tersebut. Hal ini dikarenakan kebanyakan bisnis waralaba berasal dari sebuah perusahaan atau manajemen yang memang sudah terkenal, sehingga Mitra hanya perlu memikirkan strategi untuk mendapat konsumen tanpa harus memikirkan inovasi produk yang akan dijual.

Jika Anda juga tertarik pada bisnis franchise, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tentang jenis-jenis bisnis waralaba serta langkah-langkah dalam membuka bisnis ini.

Dalam Bidang Makanan 

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu jenis Franchise yang banyak dibeli dan diminati oleh pengusaha muda. Jika Anda juga tertarik untuk membeli franchise di bidang makanan, maka Anda bisa mempertimbangkan salah satu dari lima waralaba makanan yang populer berikut.

Kebab Baba Rafi

Bisnis franchise kebab Baba Raffi tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena hampir di semua wilayah Indonesia bisa dengan mudah ditemukan franchise kebab Baba Raffi. Hal ini menunjukkan bahwa makanan yang ditawarkan oleh masyarakat dan pastinya akan cepat laris.

Salah satu keunggulan dari bisnis franchise ini yaitu menggunakan konsep Syariah sehingga bisnis ini sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh umat Islam Adapun untuk keuntungannya Pak Rafi menggunakan sistem bagi hasil yaitu 60% untuk Mitra sedangkan 40% nya untuk manajemen.

Eatlah

Eatlah merupakan salah satu bisnis franchise yang masih tetap eksis di Tahun 2022 meskipun sudah didirikan sejak tahun 2016 Silam hingga saat ini. Eatlah masih menjadi incaran banyak anak muda dikarenakan menawarkan makanan dengan cita rasa yang sangat lezat.

Jika Anda ingin bergabung untuk menjadi Mitra pada bisnis ini, maka Anda perlu menyiapkan modal usaha yang cukup besar yaitu sekitar 300-500 juta. Meskipun modelnya cukup besar, namun omset yang ditawarkan mencapai miliaran rupiah. Maka tak heran jika banyak pengusaha yang berbondong-bondong untuk membeli franchise ini.

Sabana Fried Chicken

Ayam goreng merupakan salah satu makanan yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Sehingga ketika Anda memilih untuk berjualan ayam goreng, maka bisa dipastikan bahwa ayam goreng tersebut akan cepat laku. Apalagi jika Anda bermitra dengan bisnis franchise Sabana Fried Chicken.

Sabana Fried Chicken merupakan merek dari sebuah bisnis kuliner yang mengelola ayam goreng dan cukup terkenal di Indonesia. Bahkan merek ini juga sempat mendapatkan penghargaan atau brand di tahun 2010 hingga tahun 2019.

Untuk itu, peluang bisnis franchise ini memang tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi dana yang harus dikeluarkan ketika ingin menjadi Mitra tidak begitu besar yaitu Anda hanya perlu membayar sekitar 22 juta saja. 

Dengan harga yang cukup murah ini, Anda akan mendapatkan sebuah booth, training, pembinaan usaha dan sebuah plang usaha. Selain itu Mitra yang bergabung juga berhak mendapatkan gerobak full stainless serta berbagai perlengkapannya dengan nilai sekitar Rp15.403.006.

Bisnis Franchise Bidang Minuman

Tak kalah boomingnya dengan bisnis franchise di bidang makanan, Anda juga harus membeli franchise di bidang minuman. Hal ini dikarenakan omset yang ditawarkan juga lumayan besar. Adapun beberapa contoh bisnis waralaba di bidang minuman yang sedang booming saat ini adalah sebagai berikut.

Menantea

Menantea bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis waralaba yang cukup di tahun 2022. Meskipun baru didirikan di tahun 2021  namun hingga saat ini sudah terdapat banyak sekali pihak yang membeli franchise milik seorang youtuber terkenal Jerome polin dan saudaranya. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 100 cabang di berbagai wilayah.

Adapun menu utama yang ditawarkan oleh menantea yaitu teh yang yang kemudian dikombinasikan dengan buah-buahan. Selain itu, bisnis franchise menantea juga menyajikan beberapa makanan ringan yang kekinian. Kesuksesan menantea juga tidak terlepas dari peran owner yang selalu melakukan promosi di sosial media

Es Teh Indonesia

Franchise yang bernama es teh Indonesia ini bisa dikatakan sebagai salah satu Franchise yang tersukses di Indonesia. Hal ini dikarenakan sampai saat ini franchise es teh Indonesia sudah memiliki 500 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sesuai dengan namanya, es teh Indonesia menjual minuman teh dengan berbagai varian rasa dan tentunya berbeda dengan es teh pada umumnya. Untuk bergabung dengan bisnis franchise ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar 120 juta.

Dana tersebut akan diperuntukkan sebagai biaya lisensi, bahan baku dan perlengkapan. Sedangkan untuk rukonya di membutuhkan modal sekitar 200 hingga 250 juta saja.

Franchise Minuman dan Ice Cream Mixue

Jika Anda menginginkan bisnis Franchise yang bukan hanya terkenal di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara, maka franchise Minuman dan Ice Cream Mixue adalah salah satu jawabannya. Ice Cream Mixue merupakan salah satu brand dessert and beverages yang sudah ada sejak tahun 1997 di negara Cina.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 3000 gerai di Cina dan di Vietnam. Lalu masuk ke Indonesia ketika tahun 2020 silam. Meskipun terbilang baru, Franchise yang satu ini harus Anda coba karena memiliki banyak peminat di Indonesia. Hal ini dikarenakan franchise ini menawarkan ice cream dan minuman yang murah namun memberikan cita rasa yang mewah.

Namun Jika Anda berniat untuk bergabung dengan bisnis franchise asal negara Cina ini, Anda harus menyiapkan dana setidaknya mulai dari 600 juta. Dana ini belum termasuk biaya sewa lokasi serta manajemen pegawai. 

Namun dalam waktu singkat bisa dipastikan bahwa dana yang dikeluarkan akan segera tertutupi oleh keuntungan yang didapat. Hal ini dikarenakan produk yang dijual oleh brand ini sangat laku di pasaran.

Bisnis Franchise Umum

Jika Anda tidak tertarik untuk memulai bisnis franchise di bidang makanan maupun minuman, maka franchise di bidang umum sepertinya cukup menarik untuk Anda coba. Adapun beberapa contoh bisnis waralaba umum yang cukup menguntungkan adalah sebagai berikut.

Bisnis Franchise Laundry Sepatu

Menjaga penampilan memang menjadi salah satu kewajiban setiap orang. Salah satunya dengan menjaga kebersihan dari sepatu. Mengingat bahwa sepatu merupakan salah satu aksesoris yang rentan terhadap berbagai bakteri yang bisa menimbulkan aroma tidak sedap. 

Untuk itu, situasi ini bisa dimanfaatkan untuk bergabung dengan bisnis franchise laundry sepatu yang bisa ditemukan di berbagai pusat belanja Adapun contoh franchise laundry yang cukup terkenal yaitu SOC Clean dan The Clean Bar Shoes and Bag Cleaning

Bisnis Franchise Apotek

Setiap daerah tentunya membutuhkan Apotek sebagai tempat untuk membeli berbagai macam obat. Jika Anda merupakan seorang apoteker, maka Anda bisa bekerja sama dengan apotek yang sudah terkenal di Indonesia, salah satunya yaitu Apotek K-24. 

Bisnis Franchise Logistik

Semakin maraknya penggunaan sosial media dan internet sebagai tempat jual beli menyebabkan banyak orang menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan paketnya. Dengan begitu, maka ketersediaan dari bisnis franchiselogistik menjadi sangat penting terdapat beberapa perusahaan logistik yang menawarkan franchise seperti JNE.

Bisnis Franchise Bengkel

Setiap wilayah tentu setidaknya harus memiliki satu bengkel sebagai tempat untuk melakukan servis secara berkala pada kendaraan bermotor. Jika di daerah Anda tidak terdapat bengkel, maka Anda bisa bekerja sama dengan salah satu bengkel terkenal seperti Bengkel BOS (Ban, Oli, Service). Akan semakin bagus jika Anda memiliki keahlian dibidang tersebut.

Franchise Tempat Cuci Mobil

Bisnis franchise selanjutnya memang cukup asing bagi masyarakat. Namun pada kenyataannya, Franchise yang satu ini merupakan salah satu peluang yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Hal ini dikarenakan hampir setiap orang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraannya.

Untuk itu, dengan membuka usaha tempat cuci mobil di lokasi yang strategis dan menggunakan nama dari sebuah perusahaan yang sudah terkenal tentunya akan membuat usaha Anda menjadi lebih cepat maju dan akan mendapatkan banyak konsumen. Salah satu tempat cuci mobil yang bisa diajak kerjasama franchise yaitu seperti CMA Car Wash.

Bisnis Franchise Bengkel

Setiap kendaraan memang pasti akan mendatangi bengkel untuk melakukan servis secara berkala dan memastikan bahwa kendaraan tersebut siap untuk dipakai dalam perjalanan. Untuk itu, hal ini bisa Anda manfaatkan karena beberapa perusahaan bengkel ternama justru membuka bisnis franchise.

Hal ini sangat sesuai jika memang Anda memiliki keahlian di bidang tersebut dan akan sangat menguntungkan jika di daerah Anda belum tersedia bengkel. Salah satu bengkel terkenal yang menawarkan bisnis waralaba yaitu Bengkel BOS (Ban, Oli, Service).

Tips Memilih Franchise untuk Pemula

Dengan berbagai informasi seputar bisnis franchise, tentunya siapa saja akan tertarik untuk ikut berbisnis pada usaha tersebut. Namun ada beberapa tips yang harus Anda ikuti dalam memilih franchise, apalagi jika Anda masih pemula.

      Pilihlah produk atau jasa yang memang banyak dibutuhkan konsumen. Dengan begitu, maka Anda akan dengan mudah untuk mendapatkan konsumen dan produk atau pun jasa yang Anda tawarkan akan cepat laku.

      Pilihlah franchise yang memang banyak diminati orang lain dan memiliki berbagai macam produk

      Biasanya pengusaha yang menawarkan bisnis franchise akan menawarkan banyak sekali keuntungan. Namun ketika Anda akan memilih franchise, Anda tidak boleh tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan, namun harus memahami resikonya.

      Carilah bisnis franchise yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal ini nantinya akan mampu menghemat biaya operasional. Tak hanya itu, biasanya model awalnya pun tidak begitu besar sehingga risiko mengalami kerugian juga menjadi lebih kecil.

      Sebelum memilih sebuah franchise pastikan bahwa anda sudah mencari tahu secara mendalam mengenai perusahaan dari bisnis franchise tersebut.

      Jangan lupa untuk mengevaluasi biaya terlebih dahulu karena beberapa franchise biasanya akan mematok harga yang cukup mahal.

Demikianlah beberapa informasi seputar daftar bisnis Franchise yang memang dalam beberapa waktu terakhir cukup booming dan banyak diminati oleh masyarakat. Jika Anda memiliki dana yang cukup, maka Anda bisa bergabung dengan perusahaan yang memang membuka peluang franchise. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, loh!