Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Menghasilkan Uang Dari Coding

Langkah Menghasilkan Uang Dari Coding


Komputer mempunyai cara untuk bisa melakukan komunikasi layaknya manusia. Bahasa yang digunakan oleh komputer itu sendiri bukan bahasa manusia tetapi dengan menggunakan bahasa kode atau bahasa mesin nih guys. Jika dipelajari lebih lanjut nih kamu akan mengenal yang namanya Coding yakni proses untuk kamu berkomunikasi dengan komputer. 

Kode memberikan informasi ke komputer tentang apa yang harus dilakukan dan juga untuk menulis kode tersebut seperti membuat serangkaian instruksi. Susunan bahasa mesin yang sangat sederhana sebab hanya terdiri dari dua angka yakni digit 0 dan 1 atau seringkali juga disebut dengan biner. Kamu bisa juga nih melakukan perintah kepada komputer untuk memakai bahasa mesin namun cara ini tidak cukup baik dan membutuhkan waktu lama. 

Sebagai solusinya, lahirlah bahasa pemrograman (coding) sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan komputer. Tanpa adanya coding dari programmer, komputer tidak bisa melakukan apa-apa, hanya berupa tumpukan besi biasa. 

Solusi dari lahirnya bahasa pemrograman (coding) yang merupakan sebagai suatu sarana untuk melakukan komunikasi melalui komputer. Jika tanpa coding dari pemrogramer itu sendiri maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun dan hanya sebagai tumpukan besi biasa. Lalu apakah keberadaan coding ini mampu menghasilkan cuan untuk kamu yang sedang membutuhkan ?Simak nih langkah menghasilkan uang melalui coding yang bisa kamu lihat. 

Bekerja di perusahaan

Dengan kamu yang bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan sebagai seorang back end developer, web developer, app developer, software engineer, UX designer, dan profesi lainnya. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat bekerja sebagai seorang pemrogramer pada salah satu perusahaan adalah dengan mempunyai pendapatan yang stabil, memperoleh tunjangan dan lain-lainnya yang melebihi ekspektasi serta kamu akan mempunyai karir yang cemerlang. 

Menjadi freelancer 

Kamu yang ingin menjadi seorang freelancer dan tidak berhubungan dengan perusahaan apapun itu keuntungan yang kamu rasakan adalah mampu menentukan sendiri pendapatan yang kamu inginkan. Memilih proyek freelance yang sesuai dengan skill dan juga kemampuan yang kamu miliki nih terlebih lagi dengan penghasilan seperti ini dapat jauh lebih besar dibandingkan dengan bekerja di perusahaan.

Bukan hanya itu saja nih, kamu juga akan memiliki waktu yang lebih bebas dan tidak terikat dengan jam kantor. Namun perlu juga untuk kamu ketahui dengan melakukan pekerjaan seperti ini harus mempunyai jiwa yang kuat dengan pekerjaan yang berbeda.

Menciptakan produk digital

Yang dimaksud dengan digital produk dapat bermacam-macam mulai dari plugin, library, script, extension, template web, e-book, online course, dan banyak lagi lainnya. Kamu dapat melakukan penjualan produk digital hasil dirimu sendiri pada situs marketplace. 

Namun kadang kala penghasilan yang telah kamu dapatkan akan mendapatkan potongan dari marketplace sebagai salah satu bentuk komisi. Jika ingin dipotong nih kamu bisa menciptakan situs sendiri dan melakukan penjualan produk digital yang sudah kamu buat.

Content creator

Mulai dari video, tulisan dan juga microblog kamu bisa menciptakan konten yang berupa tutorial atau beberapa tips dan kamu juga membuat video berupa tutorial di Youtube dan lainnya yang bisa menghasilkan uang. 

Software as a service (SaaS)

SaaS saat ini memang cukup terkenal untuk digunakan seperti Zoom, Canva, Trello, Moka Pos dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun akan cukup sulit jika dibuat dan dilakukan dengan seorang diri.Jika kamu ternyata ingin memiliki skill dan juga mendapatkan pengalaman, sangat memungkinkan untukmu menciptakan SaaS sendiri nih dan memberikan keuntungan besar jika berhasil. 

Project open source

Selain beberapa cara di atas kamu juga bisa menciptakan produk gratis dan juga bermandaat yang bisa dipergunakan oleh banyak orang. Nantinya nih orang bisa mengubah project yang kamu buat agar menjadi lebih baik. Beberapa open source yang cukup terkenal yakni bootstrap, Laravel dan Vue JS yang untuk pendapatan umumnya dari donasi yang diberikan kepada orang yang merasa jika produkmu bermanfaat. 

Demikian nih pembahasan artikel ini terkait dengan langkah menghasilkan uang dari coding yang bisa kamu lakukan dan dari pembahasan ini pula kamu bisa mengetahui betapa pentingnya ilmu komputer itu.