Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Franchise Ekspedisi Lokal Terbaik Di Indonesia



Secara umum, bisnis franchise sendiri memiliki penegertian yaitu suatu metode perluasan distribusi suatu produk atau layanan dengan menggunakan lisensi komersial. Dari merek, logo, sistem bisnis hingga perangkat.  Jika Anda ingin memulai bisnis franchise, Ada harus membayar royalti kepada pemilik dari pemilik bisnis franchise. Ada banyak sekali macam bisnis franchise, makanan, minuman, bahkan bisnis franchise ekspedisi.

Pada suatu sistem pada perdagangan, khususnya sistem untuk perdagangan online, kini telah mengalami perubahan dengan sangat signifikan. Karena hal itu lah menjadikan banyak sekali bisnis franchise lahir dan berkembang.

Kemajuan dari pada teknologi informasi dan transportasi kini mempengaruhi banyak sekali pada bidang kehidupan, termasuk kepada para pelaku usaha, yang bisa semakin mudah dalam menjual barang–barang dagangannya. 

Selain itu salah satu peran terpenting dalam membuka bisnis online adalah dapat memilih bisnis franchise ekspedisi yang tepat dan terpercaya. Karena jelas Anda tidak boleh dengan sembarangan memutuskan ekspedisi mana untuk mengirimkan barang dari toko Anda. 

Kurir atau jasa pengiriman adalah perantara yang dapat menjamin kedatangan akan barang yang pelanggan beli. Sistem pengiriman sendiri sangat berpengaruh besar untuk dapat menentukan kepuasan pada pelanggan ketika berbelanja di toko milik Anda. 

Semakin beragamnya bisnis franchise maka akan menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar ekspedisi–ekspedisi di Indonesia, dan timbulnya presepsi dari masyarakat perusahaan mana yang memberi harga murah dan mahal serta pelayanan yang baik dan yang buruk. 

Bisnis Franchise Ekspedisi Terbaik Di Indonesia

1.     J&T Express – akses mudah dan cepat 

Sebagai perusahaan bisnis franchise ekspedisi pendatang baru, ekspedisi J&T sendiri baru berkiprah pada bidang pelayanan pengiriman barang yang berjalan selama kurang lebih enam tahun. 

Namun, bisnis yang berdiri pada bulan Agustus 2015 ini terus berkembang pesat dan memenangkan hati dari seluruh masyarakat Indonesia terkait keakuratan pengiriman barang. 

Nama dan juga popularitas dari bisnis franchise ini berhasil menyaingi jasa–jasa ekspedisi lain yang terkemuka di Tanah Air. Padahal, setiap harinya J&T rata–rata bisa menangani sebanyak 200.000 paket per harinya. Dan secara keseluruhan pengiriman J&T dapat menunjukkan kinerja paling baik pada tahun 2019. 

Keuntungan Menggunakan Layanan Ekspedisi J&T 

·      Sistem pelacakan akurat atau pelacakan yang tepat waktu.  

·      Meliputi seluruh Indonesia tanpa perantara.  

·      Layanan hotline 24 jam.  

·      Hari libur tetap buka (buka pada hari Minggu dan hari libur nasional). 

·      Ongkos kirim J&T terjangkau dan ramah. 

·      Memberikan kemudahan akses melalui aplikasi dan web.  

·      Klaim Asuransi.

·      Pengiriman barang sangat cepat. 

Kekurangan

Apabila dilihat dari beberapa dari keluhan para pengguna, bisnis franchise ekspedisi J&T ini menemukan beberapa kekurangan terutama pada bidang pelayanan call center dari J&T Express. Disisi lain, banyak sekali yang mengeluhkan bahwa aplikasi yang disediakan notifikasi yang tidak jelas.

2.     JNE 

Bisnis ini dapat berkembang menjadi sebuah perusahaan ekspedisi yang kemajuannya sangat pesat. Dalam waktu yang hanya relatif sangat singkat, JNE sendiri telah memiliki banyak sekali cabang di berbagai daerah di Indonesia. 

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa bisnis franchise ekspedisi JNE ini berawal dari sebuah divisi dari perusahaan yang bergerak dibidang transportasi bernama PT Citra van Titipan Kilat (TIKI). Pendirinya yaitu, Soeprapto Suparno yang merupakan seorang wirausaha sejak tahun 1990. 

Pada saat awal berdirinya bisnis ini, JNE hanya memiliki 8 orang karyawan dan modal yang cukup sedikit yaitu Rp 100 juta. Kegiatan dari perusahaan ini juga masih tetap fokus pada kegiatan bea cukai, impor kargo dan juga pengiriman dari luar negeri ke pedalaman (Indonesia).  

Namun, bisnis franchise ekspedisi JNE ini ongkosnya jauh lebih mahal dibandingkan perusahaan ekspedisi yang lain. Namun, JNE juga menawarkan beberapa pilihan untuk pengiriman paket dengan ongkos yang bervariasi. 

keuntungan 

·      Pengiriman yang sangat cepat.  

·      Memiliki cabang perusahaan yang paling banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. 

·      Memiliki banyak sekali pilihan pengiriman paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. 

·      Akses yangs angat mudah melalui aplikasi atau website MyJNE. 

·      Layanan dukungan CS  24 jam. 

·      Memberikan kemampuan untuk mengirimkan barang atau surat berharga.  

·      Sistem pelacakan yang akurat dan mudah diakses. 

·      Bisa melakukan cash on delivery. 

Kekurangan

Selain memberikan banyak sekali keuntungan, bisnis franchise ekspedisi JNE juga menemukan banyak sekali pengguna yang meresakan tarif pengiriman melalui JNE. Tarif JNE dinilai cukup mahal dan sering ada kendala terkait pengiriman barang. Waktu pengiriman juga lebih lama dari biasanya dan bisa saja melebihi tanggal yang sudah ditentukan. 

3.     Pos Indonesia

Jangan pernah remehkan jasa pengiriman dari POS Indonesia. POS ini tidak hanya populer sebagai layanan kurir untuk dapat mengirim surat, namun bisa juga mengirimkan barang yang Anda beli melalui marketplace online. 

POS sendiri didirikan tepat pada tahun 1746. Sebagai perusahaan yang merupakan milik negara, POS ini juga dapat mengirimkan parsel yang berisikan barang, kargo, atau apa pun itu. 

POS memiliki para konsumen yang loyal dan sampai saat ini masih banyak sekali digunakan sebagai pilihan pengiriman barang di seluruh Indonesia. 

4.     SiCepat Express – nyaman, mudah dan murah 

SiCepat Express merupakan salah satu bisnis franchise ekspedisi yang cukup terbilang baru, dimana kehadirannya ini meroket pada kalangan pelaku bisnis online dan juga e-commerce. SiCepat ini baru berdiri pada tahun 2014.

Namun jangan salah meskipun terbilang cukup baru, jasa ekspedisi dan juga kurir di sini tidak akan kalah bersaing dengan perusahaan jasa ekspedisi papan atas yang lainnya seperti JNE dan juga J&T. 

Hal itu dikasenakan SiCepat sangat responsif sekali secara teknis. Bisnis ini akan terus berkembang untuk bisa menyediakan suatu pilihan sederhana dan sangat nyaman untuk bisnis e-commerce. Selain itu, SiCepat juga merupakan salah satu jasa ekspedisi yang menawarkan harga ongkos paket murah untuk pengiriman ke luar pulau Jawa.

5.     TIKI - Murah, Cepat, Terpercaya 

Bisnis franchise ekspedisi yang terbaik di Indonesia salah satunya adalah TIKI. Pastinya jasa ekspedisi yang satu ini sudah tidak asing lagi kan bagi Anda. Jasa ekspedisi ini berdiri pada bulan September 1970, Tiki ini sudah berkiprah di dunia transportasi barang domestik dan juga internasional. 

Bahkan, bisnis ini akhirnya melahirkan jasa ekspedisi JNE, yang saat ini menjadi salah satu jasa ekspedisi terbesar di Indonesia. Terinspirasi dari kesuksesan perusahaan JNE, Tiki kini menambah biro jasa dan sistem distribusi.  Alhasil, Tiki sekarang menjadi salah satu jasa pengiriman murah yang diminati masyarakat banyak. 

Selain itu, Tiki juga menawarkan banyak pilihan pengiriman yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Di bawah ini adalah daftar paket layanan Tiki. 

keuntungan 

·      Ongkos kirim Tiki yang relatif lebih murah dibandingkan jasa pengiriman lainnya. 

·      Menawarkan banyak layanan atau paket pengiriman. 

·      Lebih berpengalaman dalam dunia pengiriman barang. 

Kekurangan 

Disamping kelebihan yang banyak adapun kelemahan Tiki, adalah banyaknya pengguna yang tidak merasa puas dengan layanan dari mereka. Layanan CS online yang disediakan Tiki biasanya sulit sekali diakses. 

Tiki sendiri juga tidak banyak mengembangkan layanan jarak jauh atau remote pada jasa pengiriman mereka. Jadi untuk saat ini, penawarannya masih dikonsentrasikan di kota - kota besar.  

Demikianlah informasi mengenai bisnis franchise ekspedisi yang sangat bermanfaat untuk Anda