Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Dasar HTML Pemula

 

Mungkin sebagian dari kalian ada yang ingin menjadi seorang web developer. Maka, pertama-tama yang harus kalian pelajari adalah HTML. Peran HTML adalah untuk menentukan struktur konten dan tampilan dari sebuah web. Ibarat kata, HTML berperan sebagai fondasi dasar sebuah website. Tanpa adanya HTML maka suatu website tidak akan memiliki struktur. Di artikel kali ini kita akan belajar tentang Pengenalan Dasar HTML Pemula.

Pengenalan Dasar HTML Pemula

Pengenalan Dasar HTML Pemula
Gambar pengenalan dasar html pemula

Karena kali ini kita belajar tentang Dasar HTML, maka perlu diketahui Apa itu HTML beserta sejarahnya. Penjelasan lengkap mengenai Pengenalan Dasar HTML bagi Pemula sebagai berikut.

Apa itu HTML

Gambar pengertian html

Hypertext Markup Language, kepanjangan dari HTML adalah bahasa markup standar untuk membuat halaman dan aplikasi website. Isi dari HTML sendiri yaitu berbagai kode yang dapat menyusun struktur suatu website.

HTML terdiri dari kombinasi teks dan simbol yang tersave dalam sebuah file berformat .html. Dalam membuat file HTML, terdapat standar khusus yang harus kalian ikuti. Format tersebut telah tertulis dalam ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

Ketika menggunakan bahasa markup ini , kalian menggunakan struktur kode sederhana (tag dan attribute) untuk mark up halaman website. Contohnya, kalian membuat sebuah judul dengan menempatkan enclosed text di antara tag pembuka <h1> dan tag penutup </h1>.

<h1>Judul Konten</h1>

Dengan adanya HTML, kalian dapat membuat atau menyusun heading, paragraf, link, gambar, dan konten lainnya supaya pengguna lainnya dapat mengaksesnya melalui halaman website.

Supaya publik dapat mengakses website, pengguna memerlukan aplikasi browser, seperti Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

Sejarah HTML

Gambar sejarah html

Tim Berners-Lee merupakan sosok ilmuwan yang menciptakan HTML. Di tahun 1991, ia awalnya membuat solusi menggunakan HTML untuk solusi memudahkan para ilmuwan dalam mengakses dokumen satu sama lain.

Setahun kemudian, HTML mulai dibuka untuk publik. Sejarah penggunaan HTML secara publik tidak bisa lepas dari peran World Wide Web atau yang sering kita dengar sebagai WWW. Keduanya saling berkolaborasi supaya informasi yang disebarkan dapat diakses oleh khalayak ramai.

Dari masa ke masa, HTML mengalami perkembangan sebagai berikut.

1. HTML1

Ditemukan pada 1991, pada awalnya diciptakan guna memudahkan ilmuwan dalam mengakses dokumen yang ada di berbagai komputer.

2. HTML2

HTML1 mengalami perkembangan pada tahun 1995, terdapat penambahan fungsi untuk menampilkan data dan form yang dapat diedit secara real time. Versi HTML2 merupakan cikal bakal website interaktif.

3. HTML3

Fitur figure untuk mendukung tampilan image baru muncul di HTML3 pada tahun 1997.

4. HTML4.0

Pada tahun 1998-1999, HTML kedatangan versi HTML4.0 dengan tambahan perintah dasar HTML, yaitu image, text, tabel, link, dan form.

5. HTML4.1

Pada HTML4.1, tidak ada penambahan fitur. Melainkan dipublikasikannya HTML secara internasional dan dapat dipakai oleh pengguna browser apapun.

6. HTML5

Versi terakhir HTML hingga saat ini, pertama muncul pada tahun 2014. Hadir dengan variasi tampilan dengan menggabungkan HTML, CSS, dan juga JS. HTML5 menjadi versi terbaik karena telah lengkap dengan fitur yang canggih, seperti embed audio dan video.