Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sejarah Pemograman Java

Mengenal Sejarah Pemograman Java


Membahas tantang pemograman, saat ini banyak orang yang memilih untuk mempelajarinya. Tidak terkecuali kamu yang sedang membuka artikel ini pasti memiliki tujuan untuk belajar programming. Nah, sebelum belajar java kamu perlu mengetahui sejarah Java terlebih dahulu. Kan tak kenal maka tak sayang, betul?

Sejarah JAVA

Java merupaka sebuah proyek yang dikembangkan oleh James Gosling, Mike Sherida, dan Patrick Naughton ditahun 1991. Pada awalnya JAVA bernama Oak yang diambil dari nama sebuah pohon, yang berada di sekitar kantor James Gosling. Tidak lama namanya diganti menjadi Green dan terkahir diberi nama JAVA.
JAVA dipilih oleh James Gosling, karena terinspirasi pada kopi yang pernah dikonsumsinya yang berasal dari Jawa. Oleh sebab itu, logo milik JAVA ini berbentuk kopi. JAVA versi 1.0 diluncurkan pada tahun 1996.
Memiliki sebuah program JDK berarti, Java Development Kit. Di dalamnya terdapag tools, API, dan Library yang diperlukan ketika melakukan pemograman.
Jika kamu pernah menggunakan hp Nokia, sistem yang digunakan aplikasi di dalamnya menggunakan JAVA ME.  Lalu, mengapa harus belajar Java? Setiap orang tentu memiliki alasan dan motivasinya yang berbeda-beda. Namun dibawah ini akan dijelaskan mengapa kamu harus belajar Java.
1. Bahasa mudah dipahami
Hal pertama mengapa kamu harus belajar java, bahasanya mudah dipahami. Java menggunakan banyak bahasa inggris dibandingkan karakter asing. Itulah mengapa program Java mudah dibaca juga mudah dipelajari.
Sebagai pemilik bahasa pemrograman terbaik, Java memang didesain mudah dipahami oleh penggunanya. Sehingga bisa menghasilkan produk dengan cepat dan mudan.
2. Bersifat general purpose
Alasan kedua, Java memiliki sifat general purpose yang artinya tidak hanya dibuat untuk program spesifik. Bisa diibaratkan Java ini merupakan kunci inggris, bisa membuka berbagai macam ukuran baut dan mur.
Kunci Java ini bisa membuka berbagai baut, sedangkan kunci lainnya tidak. Dengan kata lain Java bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Tidak hanya berguna dalam pembuatan aplikasi tapi juga banyak digunakan oleh perusahaan.
3. Cross-platfrom
Java juga memiliki sifat Cross-platfrom diartikan, bisa berjalan pada platfrom yang berbeda-beda. Ya, termasuk Linux, MacOS, dan Windows. Jadi kamu tidak perlu pusing untuk melakukan binary pada tiap platfrom
Cukup hanya dengan jar saja, jika sudah terinstal Java maka program apapum bisa dibuka. Keren bukan? Belajae java memberikan banyak keuntungan.
4. Digunakan membuat aplikasi Android
Alasan kuat untuk belajar Java, karena aplikasi di Android juga menggunakan java. Meski sekarang Google lebih mengandalkan Kotlin daripada java, tapi tetap tidak salahnya untuk belajar java.
Kotlin memang lebih simpel dan mudah dibandingkan Java. Dibalik kode kotlin yang mudah juga terdapat peran dari Java. Dengan mempelajari java kamu akan lebih memahami kotlin nantinya.
5. Populer
Ya, java memang sangat populer pada beberapa tahun kebelakang. Semakin populer bahasa pemrograman maka semakin banyak juga komunitasnya.
Tentu ini sangat menguntungkan, karena memudahkan kamu untuk berdiskusi saat mengalami kesulitan atau stuck. Jadi, tidak akan sulit memecahkan masalah ketika berusaha membuat aplikasi dengan java.
6. Gratis dan ada dimana-mana
Selain itu, java tidak memungut biaya sepeserpun untuk aplikasi yang sudah dibuat. Faktor ini semakin membuat java populer dikalangan programmer. Untuk mengembangkan programnya java ada dimana saja desktop, mobile, card, dan lainnya. Jadi programmer java pun berada dimana-mana.
7. Memiliki komunitas belajar
Karena java yang memiliki bahasa pemrograman mudah jadi memudahkan developer, melakukan pengembangan dan membuat aplikasi. Java memiliki banyak komunitas atau forum yang aktif. Komunitas ini menyediakan beberapa grup pengguna java juga open source, untuk berbagi pengetahuan tentang java dan belajar java.
Menjadi programmer sangat tepat memulai dengan mempelajari java. Sudah ada sejak lama, gratis, mudah diakses, dan bahasa pemrograman mudah akan membuat kamu lebih cepat paham tentang pemrograman. 
Tinggal belajar java dengan giat dan serius, untuk hasil yang memuaskan.  Segala sesuatu jika ditekuni dan terus dipelajari maka akan membuahkan hasil yang baik, tidak terkecuali untuk belajar tentang bahasa pemograman ini.