Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bahasa Pemrograman Paling Rekomended untuk Perusahaan Besar

7 Bahasa Pemrograman Paling Rekomended untuk Perusahaan Besar


Di era teknologi, proses pengembangan teknologi berlangsung sangat pesat dengan bantuan para programmer. Selain itu, bahasa pemrograman juga berperan penting dalam pengembangan yang begitu modern saat ini.

Pasalnya, manusia dapat berinteraksi dengan komputer melalui bahasa tersebut berupa barisan kode. Tidak heran jika banyak perusahaan besar yang menggunakan bahasa dalam pemrograman sebagai berikut.

·      Java

Bahasa yang pertama ada Java ciptaan dari James Gosling yang bekerja di Sun Microsystems karena terinspirasi dari kopi murni asal Jawa. Beberapa jenis platform, seperti smartphone atau PC (Personal Computer) bisa menjalankan Java ini.

Bahkan sudah 15 miliar perangkat komputer dan smartphone yang menggunakan bahasa pemrograman Java hingga sekarang. Tidak hanya itu saja, perusahaan besar juga sudah banyak yang mengembangkan aplikasi desktop dan sistem backend menggunakan Java.

·      Javascript

Berbeda dengan Java, bahasa lain untuk pemrograman yang sering digunakan adalah Javascript yang memiliki fungsi lain. Biasanya Javascript digunakan sebagai mesin pencarian atau penelusuran seperti pada Opera atau Internet Explore.

Javascript juga termasuk bahasa yang sangat populer saat ini karena menyediakan berbagai alat atau tools yang minimalis serta efektif. Biasanya bahasa satu ini digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop, game, serta aplikasi mobile.

·      PHP

Bagi pengguna website development, PHP termasuk salah satu pilihan bahasa yang terbaik untuk pemrograman. Bahkan 80 persen dari 10 juta website di dunia sudah menggunakan bahasa pemrograman PHP ini.

Pasalnya, PHP mudah dipahami oleh semua kalangan karena memiliki server side scripting dan integrasi database khusus website.  Tidak heran jika beberapa perusahaan ternama seperti, Facebook, Wordpress, Wikipedia, dan lainnya menggunakan bahasa ini.

·      C++

Bahasa untuk pemrograman selanjutnya adalah pembaharuan dari bahasa C yang termasuk tertua di dunia. Dan bahasa tersebut sekarang bernama C++ yang memiliki perbedaan penyelesaian masalah dengan bahasa C.

Untuk bahasa C menggunakan tahapan prosedural, yaitu pembagian kode pada sub-sub yang lebih kecil. Sedangkan pada jenis C++ langsung berfokus pada objek dengan membagi beberapa class dalam menyelesaikan masalah.

·      Ruby

Bahasa pemrograman selanjutnya ada Ruby sebagai bahasa paling populer di Indonesia saat ini, terutama bagi pengembang atau developer. Dalam dunia web, Ruby memiliki komunitas pengguna yang bereputasi baik. 

Selain ramah, komunitas pengguna juga akan membantu para pengembang dalam mengatasi berbagai masalah. Termasuk cocok untuk pemula dalam dunia programming karena Ruby sudah menggunakan syntax

·      Swift

Apple ternyata juga pernah meluncurkan bahasa program untuk pertama kali yang bernama Swift pada tahun 2014. Bahasa satu ini resmi rilis pada World Wide Developer Conference tahun 2014 lalu dan populer hingga sekarang.

Swift memiliki komponen fondasi yang terletak pada bagian compiler LLVM serta Xcode sehingga tidak asing lagi. Tidak heran jika banyak pekerja yang menggunakan bahasa ini pada perangkat Apple yang digunakan saat bekerja.

·      Dart

Tidak mau kalah dengan bahasa program yang lainnya, ternyata bahasa program Dart juga sudah banyak digunakan. Google selaku perusahaan yang mengembangkan Dart telah berhasil mempopulerkan bahasa ini di kalangan pengembang..

Pasalnya, Dart mampu memenuhi berbagai kebutuhan, seperi aplikasi mobile, android, web, game, dan masih banyak lagi. Drat menjadi salah satu syarat wajib yang harus dikuasai saat mengembangkan aplikasi Flutter.

Demikian pembahasan perihal bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh perusahaan besar yang beragam. Dengan begitu, teknologi akan semakin cepat berkembang menjadi lebih baik dan modern dalam berbagai aspek kehidupan