Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Baterai HP Agar Awet dan Tidak Mudah Boros

Cara Merawat Baterai HP Agar Awet  dan Tidak Mudah Boros
Cara Merawat Baterai HP Agar Awet  dan Tidak Mudah Boros

Semua orang di era digital ini pasti punya HP Android. Dimana smartphone ini di bandrol dengan harga yang cukup murah. Semakin banyaknya pengguna HP Android, Blackberry, Iphone, dan Windows Phone. Akan tetapi, masih banyak yang belum tau cara merawat baterai HP Android, Iphone, dan juga yang lainnya agar tidak cepet habis, tidak bocor, tetap awet, tahan lama dan juga tidak mengembung. Berikut ini akan saya paparkan beberapa tips bagaimana agar kita tau bagaimana cara merawat baterai HP tetap awet.


  • Jika punya HP Baru

Jika kalian mempunyai HP yang baru kalian beli, Usakan kalian untuk mengecas selama 4 jam atau minimal sampai baterai HP baru kalian sampai full. Usahakan sambil dimatikan.


  • Hindari Tempat Panas

Kalian jangan meletakkan HP di tempat panas atau di sembarangan tempat yang bersuhu tinggi,  ini akan berakibat HP kamu akan menjadi cepat rusak.


  • Jangan Sampai Baterai Kosong

Penggunaan HP dalam semua merek, diusahakan baterai jangan sampai dayanya hingga 0% atau tidak ada daya sama sekali, hal ini akan berpengaruh pada umur baterai dari HP tersebut secara perlahan-lahan, Dalam mencarge HP minimal baterai kalian tersisa 20% atau maksimal 50%.


  • Kondisi Paling Baik Baterai 40%

Ada sebuah penelitian bahwa untuk baterai Lithium-ion kondisi yang baik adalah 40%.


  • Peringatan Baterai Full Harus dicopot

Saat pengisian baterai sudah full, maka segera untuk di copot/dicabut agar tidak terulang mengisi kembali.


  • Jangan di Cas Saat HP Panas

Jika HP kalian sedang panas (baru saja digunakan) jangan kalian tergesa-gesa untuk mengecasnya, karena hal itu akan mengurangi ketahanan baterai kalian.


  • Jangan Berkomonikasi Sambil Cas

Saat kamu mencharge, jangan sampai kalian menggunakan untuk sambil menelpon, karena hal itu akan membuat baterai bekerja lebih keras dan menjadi panas.


  • Jaga Kecerahaan Layar

Pada saat kalian menggunakan HP, disarankan kecerahaan HP kalian selalu rendah, karena kecerahaan pada layar, akan memakan energi baterai yang cukup tinggi.


  • Minimalkan Penggunaan Power Bank

Power Bank memang sangat berguna saat kalian dimanapun dan juga kapanpun, akan tetapi, jika saat dirumah atau dimana, kalau bisa usahakan gunakan stopkontak, karena jika kalian keseringan dalam menggunakan power bank, maka akan membuat baterai kamu cepat panas.