Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Dunia Marketing

Dalam dunia marketing tentunya membutuhkan sebuah rencana yang matang dan tentunya sudah di sedemikian rupa. Akan tetapi dalam hal itu ada saja kesalahan yang dapat menghambat dunia marketing di sebuah perusahaan. Berikut adalah kesalahan marketing di sebuah perusahaan.

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Dunia Marketing
Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Dunia Marketing


1. Memasarkan yang belum anda wujudkan

Hal ini adalah sebuah kampanye sebuah produk yang bersifat fiktif dan memberi harapan palsu tergadap konsumen. Memasarkan sesuatu yang belum tersedia, sebenarnya termasuk dalam kesalahan mendasar dalam marketing. Kampanye marketing yang sukses akhirnya akan berlalu dengan karena tidak sejalan dengan operasi yang menampung serta memenuhi permintaan yang berdatangan, entah itu dari segi karyawan yang tidak dapat memenuhi kualitas maupun produk yang belum tersedia. Konsumen akan kehilangan kepercayaan pada Anda dan juga brand serta kredibilitas marketing dan sales menjadi buruk.


2. Tidak memiliki penyusunan strategi yang matang

Percaya penuh bahwa produk yang Anda hasilkan adalah produk terbaik merupakan hal yang sah-sah saja. Tetapi bahkan sebuah produk yang baik tidak akan terjual dengan sendirinya tanpa sebuah strategi pemasaran yang matang. Anda harus mengetahuo semua hal tentang target market dan juga segmentasi pasar yang ingin dituju oleh produk tersebut. mnegetahui siapa yang akan membeli produk Anda, berapa besar keuangannya, apa kesukaannya, apa saja profesinya, dan sebagainya adalah sengat penting untuk sebuah proses segmentasi yang tentunya relevan dan pemasaran yang tepat. perlu diingat, produk Anda adalah yang terbaik, karena Anda bukan satu-satunya.


3. Tidak konsisten dengan brand

Brand atau branding adalah segalanya bagi sebuah perusahaan. Jangan pernah mengubah posisibrans perusahaan yng Anda wakili karena tipe audience yang berbeda-beda, pergantian tools marketing atau lewat presentasi Anda. Hal ini akan membuat brand Anda di anggap tidak memiliki konsistensi. Samakan versi yang Anda pahami mengenaik brand dengan versi asli dan pesa yang ingin disampaikan oleh brand Anda agar para pelanggan tidak kebingungan.


4. Marketing yang tidak terintegrasi dengan usaha penjualan

Memiliki program atau metari marketing yang baik tanpa adanya keterkaitan denan proses penjualan dan ritme pekerjaan tim sales adalah kesalahan lain yang umum dilakukan oleh para pemasar atau marketer. Usaha dan budget yang dikerahkan untuk membuat program marketing terkadang menjadi percuma karena tidak adanya komunikasi dengan tim sales mengenai cara penjualan yang ingin diimplementasikan. Buatlah komunikasi yang sehat tentang semua proses marketing yang harus dijalankan, dan juga buatlah kesamaan visi agar semua proses marketing dapat berjalan lancar.