Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tools gratis Riset Kata Kunci / Free Keyword Research Tools


Apa itu riset "Riset Kata Kunci" atau "Keyword Research" ?
Pengertiannya beserta penjelasannya bisa kalian cek pada postingan saya sebelumnya disini "https://my-fxart.blogspot.com/riset-kata-kunci"

Tak peduli itu untuk SEO atau iklan PPC, bisnis online atau offline, bidang marketing yang berkaitan dengan search engine harus dimulai dengan penelitian kata kunci terlebih dahulu. Banyak yang bilang riset keyword/kata kunci itu sangat berhubungan dengan ilmu SEO, tapi sesungguhnya riset keyword dalam iklan PPC pun tidak boleh terlupakan ataupun Bisnis online / offline juga tidak kalah pentingnya selalu mengutamakan "keyword" maka dari itu di perlukan Riset Kata Kunci yang matang agar bisa tercapai target yang di kehendaki.

Berikut ini Daftar tools gratis terbaik untuk melakukan "Riset Kata Kunci" atau "Keyword Research" :



Inilah penjelasannya masing-masing :

Tools yang paling banyak penggunanya untuk melakukan perencanaan kata kunci PPC adalah Google Keyword Planner. Tools ini memungkinkan pengiklan/publisher untuk mencari kata kunci baru ataupun kata kunci yang biasa masuk search engine. Tools Google ini juga menyediakan statistik untuk setiap kata kuncinya termasuk besarnya pencarian search engine dan perkiraan cost per click (biaya perklik).


Mari kita mulai dengan alat kata kunci yang berguna (yang mungkin sudah kalian kenal) dari Google — Google Trends ini memvisualisasikan bagaimana tren pencarian seiring berjalannya waktu. Masukkan kata kunci kalian dan kemudian akan melihat popularitas relatif permintaan pencarian itu dalam 1 Tahun terakhir. Jadi ketika anda menggunakan tools ini seperti halnya melihat puncak gunung es yang terlihat kumpulan keyword yang top di search engine.
Tools ini semacam request kata kunci. jadi semisal kita memasukan 1 keyword kemudian tools ini akan mencari beberapa kata yang match dengan keyword anda. Tidak ada keterengan untuk keyword mana yang menjadi top keyword. Karena pada dasarnya tools ini hanya mencari kata yang berhubungan dengan kata yang anda masukan saja. Semakin lama anda menunggu prosesnya makan semakin banyak juga keyword yang dihasilkan.

Ubersuggest merupakan tools penyaran kata kunci (suggestion tool). Tools ini menunjukkan data dari Google Search dan mesin pencari lainnya dengan kata kunci pertama/awal kemudian menambahkan huruf atau angka di kata kunci yang ada atau menawarkan saran untuk kata kunci yang match dengan keyword yang anda masukan. Hal ini sangat berguna untuk kalian menguji kata kunci yang panjang dan membantu Anda menemukan kata kunci yang cocok dan relevan.

Meskipun memiliki fitur yang terbatas untuk yang free Tools WordSream’s Free Keyword Suggestion lebih andal dalam memberikan masukan kata kunci yang relevan dan bernilai untuk tema bisnis Anda. Tools ini menyediakan kata kunci lebih beragam dibanding Keyword Planner-nya Google. Dan, semua saran kata kunci yang ditampilkan Tools ini lebih relevan dan mampu mewakili lebih dari satu triliun permintaan pencarian, dan penggunanya bisa menggunakan sampai 30 kali sehari tanpa membayar.


  • Unlimited Searches
  • Google, Youtube, Amazon Keywords
  • Calculate Keyword Competitiveness
  • Find Trending Content Right Now!
  • Find your Competitor’s keywords
  • Competitor Link Profiles
  • Save/Analyze/Sync keywords
  • Export Data to Excel
Keyword Eye eye merupakan tools premium berbayar cuman terdapat plan basic untuk kita secara gratis. Tools ini menawarkan gumpalan kata kunci ukuran dan warna yang ditampilkan Keyword Eye, masing-maisng mewakili besarnya pencarian dan kompetisi tersendiri. Kalian juga bisa melihat saran kata kunci dalam tampilan grid dan mengurutkannya dengan metrik tertentu. Dengan Keyword Eye versi tak basic gratis pengguna di batasi 20 kata kunci yang dicari dalam seharinya.

KeyWord Revealer merupakan tools gratis tak berbayar yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai saran kata kunci yang relevan serta metrik yang sesuai, seperti Search Volume, CPC, dan Estimated Profit dll. Mirip dengan Keyword Eye dengan tools ini bisa menunjukkan seberapa sulit kompetisi yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan bagi kita. Saran kata kunci pada tools ini sangatlah relevan dan layak untuk dicoba.