6 Unsur Manajemen Paling Penting Dalam Fungsi Manajemen Untuk Bisnis

Unsur Manajemen Paling Penting Dalam Fungsi Manajemen Untuk Bisnis
Unsur Manajemen Paling Penting Dalam Fungsi Manajemen Untuk Bisnis

Beberapa unsur manajemen yang dalam penerapannya di sebuah perusahaan saling berkaitan erat antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana masing-masing dari unsur tersebut tidak bisa dipisahkan yang satu dengan yang lainnya. Jika tanpa adanya salah satu dari unsur manajemen tersebut. Maka penerapan fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik dan juga tidak semestinya.

Berikut adalah 6 Unsur manajemen paling penting dalam fungsi manajemen:

1. Man (Sumber Daya Manusia)

Unsur manajemen yang begitu penting, dalam kata lain paling vital adalah sumber daya manusia. Dalam hal ini, manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan mereka. Jika tidak ada sumber daya manusia, maka tidak akan ada yang namanya proses kerja, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk pekerja.

2. Money (Uang)
Setiap perusahaan yang dalam menjalankan seluruh aktifitasnya sehari-hari  tidak akan bisa lepas dari biaya yang dapat diukur dengan satuan sejumlah uang.

Dengan adanya ketersediaan uang yang memadai maka manajemen pada setiap perusahaan akan lebih leluasa dalam hal melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir yang berupa laba yang maksimal.

3. Materials (Bahan Baku)
Ketersediaan bahan baku atau bisa disebut material sangat vital dalam sebuah produksi dalam perusahaan atau organisasi. Tanpa adanya bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengelola sesuatu agar nantinya bisa dijual.

Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah material atau bahan baku menjadi barang setengah jadi ataupun bahan jadi. Sehingga antara sumber daya manusia dan bahan baku sangatlah berkaitan erat satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.

4. Machines (Peralatan Mesin)
Dalam mengolah bahan baku hingga menjadi barang, dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja lainnya. Dengan adanya peralatan mesin, maka waktu yang diperlukan untuk mengolah bahan baku akan semakin cepat atau efisien.

5. Methods (Metode)

Dalam penerapan unsur-unsur yang telah dijelaskan diatas, maka diperlukan sebuah metode atau standard operational procedure yang baku.

Di dalam sebuah perusahaan khususnya setiap devisi memiliki fungsi pokok atau job desk tersendiri yang tentunya saling berkaitan dalam menjalankan aktifitas perusahaan.

6 Market (Pasar)
Unsur manajemen yang terakhir adalah konsumen atau pasar. Dimana hal ini merupakan elemet yang begitu penting, tanpa adanya permintaan maka semua proses produksi akan terhenti dan semua aktifitas perusahaan akan vakum.

Agar bisa menguasai segmentasi pasar. Maka pihak manajemen harus mempunyai strategi pemasaran yang handal dan juga dapat bersaing dengan sejumlah kompetitor market yang sejenis baik dari segi harga, kualitas maupun kuantitas.

Itulah unsur-unsur manajemen yang memang tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan masing-masing elemen sangat penting dalam mencapai tujuan secara maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Unsur Manajemen Paling Penting Dalam Fungsi Manajemen Untuk Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel