Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan - Apakah Anda merupakan seorang pekerja kantoran yang selalu menghabiskan waktu seharian di tempat duduk ? Jika jawabannya ya, Anda patut mewaspadai ini. Riset terbaru menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan waktunya dengan duduk selama 11 jam atau lebih, memiliki risiko 40% lebih besar meninggal dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, Mengerikan bukan ?
Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan
Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan


Seperti yang sudah dipublikasikan di dalam jurnal Archives of Internal Medicine edisi 26 Maret, para peneliti dari Negara Australia menyampaikan ancaman serius dari gaya hidup yang kurang aktif ini. Mereka menganalisis data lebih dari 222.000 jiwa orang berusia 45 tahun atau lebih tua. Hasil kajian ini mengindikasikan, risiko kematian seseorang cenderung melonjak ketikan mereka menghabiskan waktunya dengan duduk selama 11 jam setiap hari. Risiko ini 15% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang hanya duduk kurang dari 4 jam per hari.

"Bukti mengenai resiko buruk duduk terlalu lama terhadap kondisi kesehatan telah bermunculan selama beberapa tahun terakhir ini," kata sang peneliti studi yaitu Hidde van der Ploeg, seorang peneliti senior yang berasal dari University of Sydney.

Dalam kajiannya ini, peneliti juga menemukan bahwa sebanyak 62% dari peserta penelitian mengaku memiliki berat badan yang berlebihan atau biasa disebut obesitas. Sementara itu, hampir 87% mengaku sedang dalam kondisi kesehatan yang baik, dan seperempat lainnya mengatakan menghabiskan setidaknya hanya 8 jam untuk duduk setiap hari.

Van der Ploeg menjelaskan tentang mereka yang duduk terlalu lama akan mengalami kenaikan risiko kematian hingga dua kali lipat dalam kurun waktu tiga tahun ke depan dibandingkan mereka yang jarang duduk atau bergaya hidup yang aktif. Sedangkan di antara orang dewasa yang tidak aktif dan duduknya pun terlalu lama, risikonya sepertiga lebih besar meninggal lebih cepat ketimbang mereka yang jarang duduk.

Dari penelitian ini juga terungkap, peserta rata-rata menghabiskan 90% waktu luangnya dengan duduk, dan kurang dari 50% yang memenuhi kriteria yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Oleh sebab itu, Van der Ploeg menyarankan pekerja kantoran untuk bergaya hidup yang lebih aktif.

"Carilah cara untuk mengubah gaya kebiasaan duduk yang terlalu lama. Cobalah untuk lebih banyak berdiri, berjalan atau melakukan aktivitas kecil lainnya jika memungkinkan," ujarnya.

Van der Ploeg mengakui akan keterbatasan temuannya tersebut. Ia menegaskan bahwa temuan ini tidak membuktikan hubungan sebab dan akibat yang mengatakan perlu studi lebih lanjut untuk mereplikasi temuannya ini dan lebih berfokus pada pengaruh duduk terhadap pengembangan kondisi seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung.

"Semua penelitian ini ke depannya akan menginformasikan kepada kami tentang hubungan yang tepat diantara duduk dengan kondisi kesehatan, yang pada akhirnya akan menghasilkan rekomendasi kesehatan masyarakat seperti yang sudah kita miliki seperti misalnya untuk aktivitas fisik," tuturnya di akhir percakapan



Itulah bahaya yang di timbulkan bila kita terlalu lama duduk. Sepela tetapi mengerikan juga yah resikonya. Untuk itu marilah kita hindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat ini. Jika anda ingin tau lebih banyak Tips kesehatan lainnya bisa anda kunjungi situs Goo.tips. Di sini banyak sekali hal yang bisa kita dapati seperti tips kesehatan, penyakit, obat-obat an dan lainnya


Jika anda merasa ada yang mau di tanyakan atau mengoreksi kesalahan atas postingan saya untuk Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan silakan tinggalkan komentar di bawah sini. Terima Kasih