Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Wordpress - Cara membuat website dengan mudah untuk pemula

Apa itu WordPress? 

WordPress adalah suatu Content Management System (CMS) yang bersifat open source bagi penggunanya. Pada intinya WordPress merupakan sebuah software yang memudahkan penggunanya untuk membuat website dan publish konten secara online.
Untuk saat ini WordPress merupakan CMS terpopuler di dunia karena kemudahannya untuk membuat suatu website. Bahkan tak sedikit website-website besar seperti CNN, Forbes, The New York Times dll yang menggunakan ini.

Wordpress terbagi menjadi 2 :

  1. WordPress.com
  2. WordPress.org
Meskipun sama-sama wordpress tetapi di antara ke 2 nya memiliki perbedaan yang signifikat. Secara pengertian, WordPress.org merupakan layanan berbasis self hosted nah kalau WordPress.com merupakan layanan hosted. Sampai disini paham kan ?

Untuk selanjutnya Cara membuat website dengan mudah untuk pemula. Disini saya meminimalisir dana sedemikian karena bagi seorang pemula dana merupakan faktor utama. 
Berikut penjelasannya :

1.Pertama sediakan hosting. Apa itu hosting ?
Hosting sebutan umumnya Web Hosting adalah suatu tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website.
Saya ambil contoh dari rumahweb.com. Kenapa saya menggunakan jasa rumahweb ? Ya kembali ke topik awal disini saya meminimalisir dana karena di rumahweb free trial hosting untuk wordpress.

Klik Promo - Klik Free hosting - Masukankan domain anda. 
Belum punya domain ? banyak layanan domain gratis siakan kunjung in ke halaman ini (klik)


2. Pilih Paket Trial Wordpress Hosting. Sesuaikan dengan kebutuhan saja karena ini free 1 bulan jadi pilih sesuka kalian saja mau brapa cloudlet. 

3. Login lewat apa saja atau daftar - Pilih pembayaran - checklist kebijakan privasi - Checkout

4. Setelah sukses kalian akan mendapatkan akses login seperti di bawah ini.
5. Klik login dan anda akan di bawah masuk ke Panel Login. Dari sinilah kita akan menginstall yang namanya Wordpress tadi. Cara nya mudah sekali tinggal kalian klik "Install WordPress" dan tunggu sampai selesai.
6. Sambil nunggu hosting menginstall wp kita connect kan hosting tadi dengan domain. Ganti DNS domain asli dengan dns rumahweb.

nsp1.rumahweb.com (103.247.10.99)
nsp2.rumahweb.com (103.247.11.29)
nsp3.rumahweb.net (128.199.158.205)
nsp4.rumahweb.net (138.68.46.242)


Tak Lupa add record juga domain dengan IP dari rumahweb. Tunggu sampai domain connect karena biasa nya nunggu 5-10 Menit saampai domen bisa ter index

7. Kembali lagi ke hosting. Jika sudah terinstall dan ada notifikasi selesai di pojok kanan bawah yang berbunyi "The WordPress instance was installed." berarti wordpress sudah siap untuk di gunakan

8. Langkah selanjutnya tinggal kita Install themplate dan plugin yang sesuai dengan keinginan anda

9. Buatlah postingan dan website anda sudah siap. Silakan cek dan lihat hasilnya
Dashboard WordPress


Untuk pertanyaan bila menurut anda kurang jelas bisa tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih