Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Kerja WordPress?

Bagaimana Cara Kerja WordPress?
Bagaimana Cara Kerja WordPress?


WordPress untuk Situs Web yang Mudah

Kemungkinannya adalah Anda telah mendengar tentang WordPress. Tapi apa itu WordPress? Sederhananya, WordPress adalah perangkat lunak web yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri. Sejak dirilis pada tahun 2003, WordPress telah menjadi salah satu platform penerbitan web paling populer, dan saat ini ia menggerakkan lebih dari 70 juta situs web. Karena dibangun di atas standar industri php dan mySQL, platform hosting WordPress dapat berjalan di hampir semua server modern.

Tapi apa yang banyak orang tidak sadari, WordPress bukan hanya alat blogging. Ini juga merupakan sistem manajemen konten CMS yang sangat fleksibel yang memberi Anda kesempatan untuk membangun dan mengelola situs web fitur lengkap Anda sendiri hanya dengan menggunakan browser web Anda. Yang terbaik dari semuanya, ini benar-benar gratis. Ini terus meningkat dan berkembang. Itu karena WordPress adalah proyek sumber terbuka yang berarti bahwa ratusan sukarelawan dari seluruh dunia terus menciptakan dan meningkatkan kode untuk perangkat lunak WordPress. Dan ada ribuan plug-in, widget, dan tema yang memungkinkan Anda untuk membangun situs web kustom sepenuhnya untuk apa saja yang dapat Anda bayangkan.

Bagaimana cara kerja WordPress?

Sejak masa awal Internet, situs web telah dibuat dalam HTML, bahasa pemrograman yang menggunakan instruksi kompleks yang disebut tag untuk memformat teks, gambar, tata letak halaman, dan sebagainya. Browser web Anda kemudian membaca kode HTML yang menafsirkan tag untuk merender dan menampilkan konten halaman tertentu. Hari-hari ini, Anda dapat menginstal WordPress di akun hosting web Anda sendiri dalam beberapa menit. Dan setelah diinstal, itu memungkinkan Anda untuk menggunakan editor sederhana berbasis web untuk membuat halaman web tanpa harus belajar HTML. Bahkan ada versi host di WordPress.com, yang memungkinkan Anda untuk membuat situs web WordPress baru hanya dalam beberapa detik. Sisi bawah dari metode ini adalah Anda tidak memiliki nama domain Anda sendiri, tetapi Anda menggunakan sub-domain. Sebagian besar profesional internet setuju bahwa mendaftarkan dan membangun nama domain dan situs web Anda sendiri lebih berharga dalam jangka panjang daripada menghabiskan jumlah waktu yang sama untuk membangun situs web menggunakan nama domain orang lain. Inilah sebabnya mengapa disarankan agar Anda mendapatkan akun hosting web bersama dan menginstal WordPress di akun hosting Anda. Banyak akun shared hosting termasuk fitur klik-untuk-menginstal mudah yang membuat menginstal WordPress pada akun hosting Anda sendiri menggunakan nama domain Anda sendiri sekejap.

johnday.WordPress.com
johnday.com

Dengan nama domain Anda sendiri dan akun hosting web Anda sendiri dengan WordPress terinstal, Anda mengendalikan konten Anda sendiri dan situs web Anda sendiri.

WordPress adalah pilihan yang cocok untuk situs web atau blog Anda:

Ini adalah open source, yang juga berarti gratis untuk penggunaan komersial atau pribadi. Ratusan orang yang mengerjakannya, WordPress terus berkembang dan berkembang.
Ini mudah digunakan. Daripada harus menyewa seorang perancang web atau menghubungi webmaster Anda ketika setiap Anda ingin membuat perubahan kecil ke situs web Anda, Anda dapat dengan mudah mengelola dan memperbarui konten Anda sendiri semua tanpa harus belajar HTML. Jika Anda tahu cara menggunakan alat pemformatan dasar di Microsoft Word, Anda dapat mengedit situs Anda.
Ini fleksibel dan dapat diperluas. Ada ribuan plug-in dan tema, baik yang komersial maupun gratis yang memungkinkan Anda mengubah seluruh tampilan situs web atau blog Anda dengan mudah atau bahkan menambahkan fitur baru seperti jajak pendapat atau formulir kontak hanya dengan beberapa klik.
Sangat mudah untuk mencari dukungan. Jadi jika Anda ingin menambahkan fitur yang sangat disesuaikan, mudah untuk mencari dukungan atau menyewa seseorang untuk membantu Anda. Forum WordPress resmi yang sangat membantu untuk menemukan jawaban atas semua pertanyaan WordPress Anda. Pilihan dukungan lainnya termasuk WordPress Stack Exchange atau WP Questions yang menawarkan jawaban atas pertanyaan Anda. Ada ribuan pengembang yang dapat membantu Anda juga.
WordPress adalah SEO friendly. WordPress adalah standar yang sesuai dan mencakup semua yang Anda butuhkan untuk memastikan bahwa konten Anda dioptimalkan untuk mesin telusur yang sangat penting bagi keberhasilan dan visibilitas situs web Anda di mesin telusur. Singkatnya, WordPress dibuat untuk melakukan SEO dengan baik.
Sepenuhnya sesuai dengan standar W3C
Dibangun untuk mendukung RSS dan Ping-O-Matic
Bersih, kode ramah mesin telusur
Anda akan mengendalikan konten Anda sendiri. Beberapa platform penerbitan lainnya membatasi apa yang dapat atau tidak dapat Anda lakukan di situs web Anda sendiri. Dan Anda terkunci dalam layanan itu, jadi jika itu menutup Anda dapat dengan mudah kehilangan semua konten Anda. Dengan WordPress Anda dapat mengimpor data Anda dari sistem lain seperti blogger atau tumbler. Dan Anda dapat dengan mudah mengekspor data Anda untuk menjauh dari WordPress, sebaiknya Anda pilih. Kamumengendalikan situs web dan konten Anda.

Merancang situs web dengan WordPress dan akun Web Hosting:

Langkah-langkah berikut ini menguraikan proses yang akan Anda lalui saat membuat situs WordPress di akun hosting web Anda.

Beli nama domain dan hosting web
Instal WordPress dari cPanel
Ubah pengaturan dan struktur permalinks
Tambahkan plug-in yang penting
WP Security yang lebih baik - amankan situs WordPress Anda
WP Super Cache - percepat dan tingkatkan kinerja situs Anda
SEO WordPress oleh Yoast / All in One SEO Pack-optimalkan posting dan halaman situs Anda untuk mesin pencari
Formulir kontak - tambahkan formulir kontak sederhana ke halaman di situs web Anda
Google XML sitemaps - buat dan kirimkan peta situs XML Anda ke Google untuk pengindeksan yang lebih baik
Pasang tema
Tambah isi

Akun hosting web dan WordPress

WordPress memungkinkan Anda untuk fokus pada konten Anda - sebagai lawan dari jam kerja yang tak terhitung banyaknya desain dan alur kerja - Anda akan lebih mungkin daripada tidak menikmati menjalankan situs Anda di CMS ini. Jadi jika Anda mencari alat yang mudah untuk membangun blog atau situs web Anda sendiri tanpa harus mempelajari HTML yang rumit, tidak ada sistem lain yang membuatnya semudah ini. Dan Anda akan menemukan bahwa WordPress sangat fleksibel dengan ribuan tema, plug-in dan opsi dukungan untuk memastikan bahwa situs Anda akan terus tumbuh bersama Anda di masa depan. Kebanyakan web hosting hadir dengan WordPress yang siap dipasang hanya dengan beberapa klik dan staf pendukung di web host Anda kemungkinan besar sangat akrab dengan WordPress untuk bantuan Anda.