Riset Kata Kunci untuk SEO


What is keyword research? 
What is meant by competition analysis?
User melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan/menuliskan kata kunci atau keyword, dan mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci yang sedemikian rupa sehingga yang dimaksudkan inilah yang di sebut Kata Kunci (Keyword Research)
Dengan bantuan tools dari Google inilah kita bisa melakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang populer atau yang kompetisinya rendah sesuai key yang kita masukan dan tentunya kita bisa memaksimalkan kata-kata yang semestinya para user pakai untuk searching dari tools ini.

Berikut penjelasan Riset keyword dengan Google Keyword Planner
  1. Masukkan keyword
  2. Atur negara target
  3. Pilih bahasa
  4. Klik "get ideas"
Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman berikut:
Dari sinilah kita bisa melihat bahwa ada 320 orang yang mencari dengan kata kunci "beli baju" dalam sebulan. Di lain pihak, kalau saya ganti dengan "jual beli baju" ternyata hasilnya 260, ini artinya yang mencari beli baju lebih banyak daripada jual beli baju.

Dengan memanfaatkan pengetahuan kita mengenai on-page SEO dari postingan sebelumnya, maka kita bisa mengoptimasi halaman website kita dengan menggunakan kata kunci jual baju daripada beli baju.Apa yang harus Anda perhatikan dalam riset keyword untuk blog dan website ini?

Pada umumnya ada 4 komponen penting yang harus diperhatikan dalam riset keyword, yaitu search volume, keyword difficulty, keyword suggestion, dan SERP.

1. Search Volume (Volume Pencarian)

Search volume kata kunci adalah berapa banyak sebuah kata kunci yang dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya keyword tools akan menampilkan banyak pencarian keyword dalam satu bulan terakhir sesuai hasil terbaru.
Misalnya, search volume sebuah kata  menunjukkan hasil angka 100. Artinya, keyword tersebut dicari 100 kali di Google dalam kurun waktu per bulan nya.

2. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah keyword untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Pada umumnya keyword tool menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama di hasil pencarian. Biasanya keyword difficulty juga memperlihatkan berapa backlink yang dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama pada suatu hasil pencarian. Semakin tinggi keyword difficulty semakin banyak juga backlink yang dibutuhkan.

3. Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)

Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda search. Misalnya anda melakukan riset keyword dengan kata kunci "jual beli baju", keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti "jual beli baju online", "jual beli baju murah", atau "jual beli baju online murah"

Pada umumnya layanan keyword tools akan memberikan saran long tail keyword. Apa itu long tail keyword? Selain kata kunci yang dicari GKP juga menampilkan jumlah pencarian dari kata kunci sejenis. Misalnya dari gambar di atas tadi itu selain kata kunci "baju baru" juga ada yang lain seperti "jual beli baju", "beli baju online", "jual beli baju online", dan lain-lain. Itulah yang di sini saya maksudkan sebagai Long tail keyword. Jadi anda bisa membuat patokan kata kunci apa yang semestinya anda pergunaka.

4. Search Engine Result Page (SERP)

SERP menunjukkan halaman yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang Anda riset. Fungsinya adalah untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman yang bisa menduduki peringkat teratas dari hasil pencarian Google. 

0 Response to "Riset Kata Kunci untuk SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel