Apa itu On-Page SEO ?

On-Page SEO adalah faktor-faktor yang menentuka eroptimasinya situs anda terhadap mesin pencari diihat dari websitenya sendiri. Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user di mesin pencari. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik. Kuncinya ada 2 hal yaitu relevan dan kualitas.
Konsep On-Page SEO
Di dalam SEO konsep optimasi on-page merupakan hal utama yang harus anda pahami. Inti dari on-page ini sederhananya supaya :
  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
  2. Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
  3. Pengunjung merasa betah di dalamnya
  4. Mesin pencari mengerti struktur website anda


Dan adapun tentunya alasan kenapa optimasi SEO on page tidak bisa maksimal
  1. Panduan yang dipakai tidak up to date
  2. Panduan yang dipakai kurang lengkap (setengah-setengah)
  3. Kebanyakan panduan cara optimasi SEO On Page yang update dan lengkap masih berbahasa Inggris, jadi jarang yang mau membaca dan mempraktekkannya (karena kendala bahasa) dan juga males untuk menggunakan google translate.

Mesin pencari bisa mengetahui apakah para pengunjung merasa puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi. Semisal saja anda mengunjungi blog tetapi di blog tersebut tatanan bahasa struktur template dll terbilang tidak tertata maka baru saja anda mengklik otomatis langsung mengnutup page nya. Karena google tentunya ingin menampilkan website yang memuaskan bagi pengguna maka website anda haruslah memuaskan pengunjung. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website.
Kita akan membahasnya satu per satu dari setiap kategori berikut:
  1. Konten. Jika di perhatiakan, konten adalah hal utama dalam pembuatan website. Artinya konen memegang peranan terbesar daam optimasi on-page. Sebagai contoh ciri-ciri konten yang berkualitas di antaranya memberikan manfaat, menyelesaikan masalah dan memberikan solusi
  2. Keyword. Seseorang memulai searching pasti berdasarkan keyword. Berpikirlah seperti seseorang yang mengalami masalah kemudian hendak dia searching. Maka ketemulah kata-kata yang membuat orang iitu searching. Pergunakan keyword itu untuk membuat suatu konten.
  3. Judul. Buatlah judul yang menarik supaya orang bisa tertarik untuk mengklik dan mengunjungi website anda. Karena dari judul lah seseorang akan mudah penasaran dengan isi nya.
  4. URL. Buatlah URL yang mendeskripsikan konten, lebih baik lagi kalau mengandung keyword utama.
  5. Meta description. Meta description adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian biasanya berada di bawahnya tag judul.
  6. Media gambar. Pergunakan gambar yang berhubungan dan menjeaskan isi dari konten. Pastikan resousi gambar kualitas terbaik jadi tidak blur.
  7. Outbound link. Link ke website lain yang reputasinya bagus dan tentunya relevan akan membuat reputasi konten anda akan menjadi lebih baik.
  8. Internal link. Internal link (link antar halaman), agar pengunjung dengan mudah mengunjungi halaman ke halaman lain dalam website anda. Dalam hal ini kuncinya 1 konten dengan konten yang lain saling terhubung.
  9. Social sharing. Share website anda supaya lebih banyak orang yang tau. Intinya semakin banyak oraang yang mengunjungi akan semakin tinggi juga tingkatan website anda untuk di google search
  10. Kecepatan website. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kecepatan loadingnya di antaranya hosting, ukuran halaman yang berat, template dll
  11. Duplicate Title Tags. Kata lainnya duplikat pada bagian judul, bisa mengurangi performa web di mesin pencari apalagi jika jumlahnya banyak. Title tags disini tidak terbatas pada judul konten, tapi bisa juga pada title kategori, tags, bahkan halaman attachment.
  12. LinkJuice. Linkjuice adalah kekuatan backlink (inbound link) yang masuk ke suatu halaman. Dalam sebuah website, linkjuice terbesar biasanya dimiliki homepage. Dari homepage ini linkjuice mengalir ke halaman lain yang linknya tampil di halaman homepage tersebut (termasuk external link).



Sekian penjelasan dari saya mengenai postingan ini bila ada salah kata ataupun kritikan bisa kalian berikan ulasan di komentar. Terima Kasih  

0 Response to "Apa itu On-Page SEO ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel