Apa itu Off-Page SEO ?


Off-page SEO adalah usaha-usaha mengoptimasi mesin pencari dari luar website.
Mesin pencari pada umumnya seperti Google memiliki sebuah bot yang bertugas untuk melakukan crawling di internet. Crawler(perayap) yang tugas berjalan-jalan di internet milik Google namanya Googlebot. Googlebot bergerak dari website satu ke website lain melalui link yang tercantum di setiap halaman website. Dari data yang dikumpulkan Googlebot, disusunlah index dan urutan peringkat website dari pertama sampe kesekian sesuai kualitas dan kuantitas masing-masing website. Karena Googlebot menggunakan link sebagai pusat navigasinya, website yang memiliki link dari luar akan memperoleh prioritas atau peringkat yang tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas linkednya, maka semakin baik pula peringkat yang di dapat website tersebut. Inilah kenapa  link dari website lain (backlink) memegang peranan penting dalam SEO.
Hubungan antara konten dan backlink
Konten = on-page, backlink = off-page.
Apa ada hubungan antara konten dan backlink? Sangat ada.

Kalau website anda memiliki value (nilai) dan value ini terlihat oleh orang lain atau pengunjung, maka mereka akan dengan senang hati memberikan linknya kepada anda. Inilah esensi dari link building. Untuk memberikan value(nilai), maka anda harus memiliki konten bagus  yang berkualitas. Untuk memperlihatkan value ini kepada orang lain, anda harus melakukan content marketing(pemasaran konten).

Jadi content marketing merupakan sumber backlink utama yang sangat bagus .


Social media dan off-page SEO

Meskipun tidak ada hubungannya dengan SEO. Social media adalah salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan website anda kepada orang banyak dengan mudah.

Seperti yang dibahas sebelumnya selain memiliki konten yang berkualitas anda juga harus memperlihatkan konten ini kepada orang lain. Maka dari itu social media merupakan tempat yang tepat sebagai media untuk ini. Ketika orang lain melihat konten anda dan tertarik maka mereka bisa jadi akan kembali merekomendasikan situs anda kepada orang lain dengan share, like, dan sebagainya. Inilah mengapa anda harus aktif di social media untuk memasarkan website anda dan akhirnya menghasilkan traffic buat website anda.


Faktor rangking off-page SEO

Off-page SEO adalah permainan popularitas website. Dalam menentukan popularitas suatu website pada dasarnya Google menggunakan berbagai faktor.
Dan berikut ini merupakan faktor penentu rangking dari luar website :
  1. Kualitas backlink. Backlink yang berkualitas memberikan pengaruh yang jauh lebih kuat daripada yang tidak berkualitas.backlink yang memiliki kualitas terbaik ditempatkan di dalam teks. Istilahnya contextual link.
  2. Anchor text dalam backlink. Anchor text yang digunakan dalam link dibaca mesin pencari sebagai kata kunci. Website anda mendapatkan poin tambahan dalam teks yang digunakan sebagai anchor.
    Namun demikian, penggunaan anchor yang sama berulang-ulang tidak akan memberikan dampak positif yang berulang pula.
  3. Jumlah backlink. Semakin banyak backlink yang anda pergunakan maka semakin baik.Tapi tidak hanya itu saja, kuantitas harus sejalan dengan kualitas. Kalau anda hanya mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi pada rankpage, ini tidak terhitung sebagai faktor positif.
  4. Keragaman backlink. Ada beberapa jenis backlink dan salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link. Selain itu juga masih ada lagi seperti blog comment, profile, bio, widget, advertorial, directory, dsb.
    Secara logika jjika kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam. Inilah mengapa mesin pencari menggunakan keragaman sebagai faktor ranking.
  5. Reputasi sosial. Google bisa memahami respon dalam setiap komentar. Artinya setiap kali situs anda muncul dan kemudian muncul komentar negatif dari orang lain maka akan berdampak buruk. Demikian pula sebaliknya dengan respon positif akan berdampak positif. Jadi sebaiknya bila ada komentar spam rasis dll delete saja bila tidak ada manfaat positifnya
  6. Aktivitas sosial. Website yang aktif dalam website sosial media seperti sosial media dan jejaring sosial berarti populer.
    Aktivitas sosial suatu website dapat dilihat salah satunya dengan melihat seberapa jumlah share ke jejaring sosial. Tapi ingat lagi dengan sentimen positif dan negatif.
  7. Faktor personal pengguna. Faktor personal pengguna. Sejak Google menerapkan sistem personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google sesuai rank.
    Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

        - Pernah-tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
        - Tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu website
        - Negara dan bahasa
        - Apakah suatu website pernah di-share oleh temannya

    Pada dasarnya perlu anda ketahui bahwa mesin pencari tidak pernah mengeluarkan daftar resmi faktor yang berpengaruh terhadap peringkat, karena itu faktor-faktor di atas didapatkan secara umum.

Forums and Q&A sites

Para pengunjung yang menghabiskan sebagian besar waktu di situs Anda adalah orang-orang yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda promosikan. Dan tempat terbaik untuk menemukan orang-orang ini adalah forum online dan situs tanya jawab seperti jawaban Quora dan Yahoo. Anda dapat memberikan komentar dan jawaban berkualitas tentang diskusi yang berputar di sekitar ceruk situs web Anda. Orang-orang kemudian akan mulai melihat Anda sebagai ahli dalam topik dan tidak akan ragu mengklik tautan situs web Anda, yang harus Anda berikan dalam komentar dan jawaban tersebut.


Guest posting

Ini melibatkan menulis artikel dan mengirimkan informasi yang berguna di situs-situs kredibel lainnya di niche yang sama seperti Anda. Meskipun agak membosankan dibandingkan dengan teknik lain pada daftar ini, posting tamu adalah cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas ke situs Anda. Karena pengunjung akan melihat situs web Anda disebutkan di tempat-tempat yang sudah mereka percayai, mereka langsung melihatnya sebagai tempat yang kredibel yang layak untuk waktu mereka.



Visual content submissions

Konten visual jauh lebih mudah untuk dikonsumsi daripada teks panjang. Anda dapat mengirimkan video dan gambar, disertai dengan tautan situs web, ke situs kurasi konten visual populer seperti YouTube dan Flickr untuk menghasilkan lebih banyak kesadaran dan lalu lintas. Infografis, yang terbukti sangat efektif dalam melibatkan pengguna internet, terutama dapat dimanfaatkan untuk menarik pengunjung ke situs Anda. Presentasi dan laporan juga dapat dikirimkan di situs seperti Slideshare dan LinkedIn untuk menghasilkan lalu lintas dan karenanya meningkatkan peringkat SERPs.


Local listings

Jika berlaku untuk ceruk situs web Anda, cantuman lokal adalah cara yang bagus untuk menjangkau pemirsa yang ditargetkan. Mendaftarkan situs web Anda di direktori lokal, seperti Google Maps, Yellow Pages, dan Just Dial, mempermudah orang, yang jika tidak sadar akan keberadaan Anda, untuk menemukan Anda online.

Menggunakan teknik SEO off-page ini pasti akan meningkatkan lalu lintas yang diterima situs Anda. Tapi ingat, situs web Anda di halaman SEO harus di titik juga untuk peringkat SERPs untuk meningkatkan.

0 Response to "Apa itu Off-Page SEO ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel